Woww! Rusia Libatkan 40 Juta Penduduk untuk Latihan Hadapi Perang Nuklir

Satelitnews.com – Pemerintah Rusia merilis rekaman video yang menampilkan latihan menghadapi serangan nuklir dengan melibatkan 40 juta penduduk. Dalam video tersebut, tampak orang-orang dengan baju pelindung dan topeng gas tengah memimpin latihan.

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (27/10), Juru bicara Departemen Federasi Rusia untuk Pertahanan Sipil mengatakan, “Ada tiga tahap yang dilakukan dalam latihan perang nuklir ini. Itu melibatkan 40 juta penduduk, 200.000 lebih spesialis regu penyelamat di daerah, organisasi dan perusahaan, serta 50.000 unit peralatan.”

Latihan evakuasi besar-besaran ini berlangsung selama empat hari, dengan mengambil tempat di ruang bawah tanah kota Moskow. Orang-orang mencoba alat bantu pernapasan sementara beberapa orang lain memperagakan pengangkatan korban dengan tandu ke sebuah auditorium sekolah yang disulap menjadi bangsal rumah sakit.

Dalam latihan ini seluruh departemen pasukan dan fasilitas darurat ikut terlibat, termasuk divisi penyelamatan militer, unit penyelamatan, unit penyelamatan tambang paramiliter dan Kapal Negara Kecil Inspektorat, pemadam kebakaran dan pesawat udara.

Rekaman ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat serta negara Barat yang dipicu oleh panasnya konflik di Suriah. Ada spekulasi menyebutkan Amerika Serikat kemungkinan akan melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap pasukan pemerintah Suriah, rezim yang selama ini didukung Rusia.

latihan-perang-nuklir-rusia
Lebih dari 2000 petugas layanan keadaan darurat dikerahkan dalam latihan ini

Oleh karena itu, Presiden Rusia Vladimir Putin membangun tempat penampungan bom untuk melindungi seluruh penduduk Moskow. Pemerintah juga mengumumkan kepada warganya untuk mengikuti instruksi jika perang benar-benar terjadi dengan negara Barat.