Rachmawati Soekarnoputri: Jokowi Adalah ‘Aktor Politik’ Di Balik Demo 4 November

Satelitnews.com – Rachmawati Soekarnoputri menuding Presiden Joko Widodo bermanuver politik mengenai adanya aktor politik dalam demo 4 November lalu. Politikus Partai Gerindra dan putri dari Sukarno itu, justru menuding Jokowi sebagai aktor politik dari demonstrasi tersebut.

“Demo itu diputarbalikkan ada aktor politiknya, padahal Presiden Joko Widodo sendiri aktor politiknya,” kata Rachmawati saat membuka acara konsolidasi nasional di Universitas Bung Karno, Minggu, 20 November 2016. “Ini maksudnya apa?”

Baca Juga:
Amien Rais: “Jokowi Cepat Penjarakan Ahok! Kalau Tidak, Indonesia Akan Bubar”
Amien Rais: “Silahkan Jokowi Lindungi Ahok, Biar Dua Duanya Lengser Sekalian”

Rachmawati mengaku mendapat informasi mengenai manuver politik Joko Widodo itu dari laporan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab, yang diklaim sebagai imam besar. Sedangkan adanya aktor politik di balik demonstrasi 4 November disampaikan Joko Widodo dalam jumpa pers seusai unjuk rasa yang rusuh ketika dibubarkan. Menurut Jokowi, ada aktor- aktor politik yang menunggangi demo yang berujung rusuh demi mencapai kepentingan tertentu.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, dalam kesempatan berbeda, menyampaikan bahwa aktor politik yang dimaksud Presiden adalah mereka yang turut hadir dalam demo. Pada demo kala itu, politikus yang terpantau hadir adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Belum diketahui apakah benar mereka yang dimaksud Presiden Joko Widodo dan apakah akan diperkarakan ke kepolisian. (tempo)